NEW MEDIA SEBAGAI SARANA PROMOSI PARIWISATA LAMPUNG

  • Agus Mardihartono Universitas Tulang Bawang
  • Yuli Evadianti Universitas Tulang Bawang
Keywords: pariwisata, media promosi, new media

Abstract

Berbagai macam bentuk media banyak dilakukan orang untuk mempromosikan suatu produk, misalnya saja melalui media televisi, radio, iklan, brosur, pameran dan yang terbaru adalah menggunakan media sosial. Pada era digitalisasi saat ini hampir semua kegiatan yang berkaitan dengan promosi menggunakan internet. Selain dapat menekan biaya lebih murah ketimbang mempromosikan melalui media elektronik, koran, majalah ataupun pameran hal ini dikarenakan perkembangan teknologi saat ini beralih menjelajah internet.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, dimana data yang dikumpulkan oleh peneliti berupa kata-kata, gambar dan bukan angka-angka. Dalam melakukan penelitian metode kualitatif, tahap awalnya peneliti melakukan penjelajahan seperti turun langsung ke lapangan, kemudian peneliti melakukan pengumpulan data sampai mendalam atau lebih detail, mulai dari observasi, wawancara, dokumentasi hingga penyusunan laporan.
Dengan adanya kemajuan teknologi yang semakin berkembang saat ini membuat pihak pemerintahdan pengusaha industri pariwisata lebih mudah dalam melakukan promosi kepada masyarakat luas sehingga masyarakat lebih mudah mengetahui pariwisata yang ada di Provinsi Lampung. Instagram dan facebook merupakan media sosial yang paling banyak dilihat orang sebagai laman pencaharian tempat pariwisata, makanan khas daerah serta event-event kebudayaan. Dengan demikian upaya yang dilakukan pemerintah Provinsi Lampung dalam mempromosikan pariwisata melalui new media sangatlah efektif. Selain dapat menekan biaya saat ini hampir semua kalangan sudah menggunakan internet baik untuk berkomunikasi maupun mencari informasi.
Kata kunci: , ,

Published
2020-01-05