IMPLEMENTASI DIGITAL GOVERNMENT DALAM BIDANG PENDIDIKAN

(STUDI TENTANG SISTEM PENILAIAN AKREDITASI BERBASIS ONLINE PADA BADAN AKREDITASI SEKOLAH/MADRASAH PROVINSI LAMPUNG TAHUN 2019)

  • Eko Budi Sulistio Universitas Lampung
Keywords: Sispena On-Line, Akreditasi, Internet, Digital Government

Abstract

Perkembangan teknologi informatika yang begitu pesat di dunia industri, telah bergeser ke dunia pemerintahan. Di negara-negara maju, telah dikembangkan dengan baik apa yang dimaksud dengan Digital Government, dimana pelayanan publik oleh pemerintah telah dilaksanakan dengan memanfaatkan teknologi informatika tersebut. Revolusi Industri 4.0 yang menitik beratkan pada pemanfaatan data digital dan teknologi internet telah digunakan dalam berbagai bidang pemerintahan. Indonesia sebagai salah satu negara berkembang, dalam beberapa tahun terakhir juga mulai memanfaatkan teknologi internet untuk pelayanan publik, salah satunya di dunia pendidikan. Sistem Penilaian Akreditasi oleh BAN-S/M telah menggunakan teknologi internet. Baik pihak sekolah, asesor akreditasi maupun manajemen BAN-S/M sendiri telah terkoneksi dengan jaringan internet tersebut. Namun demikian, sebagai metode baru dalam proses akreditasi sekolah/madrasah, tentu sistem ini masih memiliki kekurangan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi sistem penilaian akreditasi sekolah/madrasah sebagai wujud dari aplikasi digital government di BAN-S/M Provinsi Lampung. Penelitian ini mengkaji kelebihan dan kekurangan sistem akreditasi online di lapangan sehingga dapat dijadikan rujukan untuk pengembangannya baik dari aspek kebijakan, sumber daya manusia, maupun organisasinya.

Published
2020-01-03